21 Weeks Pregnancy: Kehamilan, Persalinan dan Ketakutan-Ketakutan Itu

Udah separuh perjalanan kehamilan, masuk ke minggu 21.
Sempat ada masalah di minggu ke 19 dan 20 tapi Alhamdulillah teratasi dengan baik.

Kadang memang di saat-saat tertentu lupa kalo sedang bawa nyawa calon manusia. Aaah...kalo ingat itu rasanya cuma bersalah doank sama bayi cinta. Maafkan Ibu ya, Nak....

Beberapa kali sempat tiba-tiba kayak dizzy gitu, yang rada parah pas abis makan siang di kantor, tiba-tiba badan dingin. Untung gak sampe pingsan. Yang kedua pas belanja di pasar, itu udah pake gelap pandangan matanya, untung ada kursi dan penjualnya ibu-ibu, jadi paham lah yaa orang hamil gimana, huhuhuhuhu....

Dan sempat flek di tengah-tengah jeda meeting. Gilanya aku gak minta dilarikan ke rumah sakit, malah semedi ngajakin ngobrol si bayi kirim afirmasi biar dia baik-baik aja. It works looh...!

Memang dari sejak awal tau bayi cinta ini bernyawa (minggu 12) udah diwanti-wanti ibu untuk sering ngajakin ngobrol. Gak cuma aku, tapi ayahnya bayi cinta juga. Whatever dia belum bisa denger, karena dia udah bisa ngerasain 'gelombang cinta' ayah ibunya. Doesn't make any sense? Yaah ini mah paling teorinya kayak molekul air yang didoain sebelum diminum itu. *sok tau lagi*



Dan sekarang aku bener-bener bersyukur karena udah aku dan mas suami tiap hari ngajakin ngobrol bayi cinta, dimanapun, kapanpun. Kadang macam orang gila bisik-bisik ngomong sendiri di kubikel sambil ngelusin perut. Tapi gak ada yang peduli tuh, namanya juga orang hamil, wajar. Pembicaraan kita juga selalu ngelibatin bayi cinta ini, apalagi sejak dia kerasa tendangannya, jadi dibikin kita ngobrol bertiga. Tiap hari begitu, dan tanpa memikirkan ngaruh atau enggak hasil ajakan ngobrol itu, aku sangat bersyukur bisa melewati kejadian gak enak minggu kemarin.

Well, ketakutan bukan hanya sekedar karena kondisi fisik, yang kerasa banget gak sekuat dulu, tapi juga persiapan jelang persalinan. The truth is, aku gak tahan sakit. Sama jarum suntik aja ngerinya setengah mati. Jadi gak pernah donor darah? Ya gak lah, tapi aku punya alasan yg lebih make sense dari sekedar takut jarum : berat badan jauh dibawah normal :p

Di alam bawah sadar udah tertanam lahiran itu sakit, poinnya bukan di lahirannya sih yg lebih aku takutin, di bagian jahit menjahitnya itu loooh....! Lemes tiap ada yang cerita begitu. Makanya aku bertekad buat sebisa mugkin ngurangin robekan perineum. Caranya? Rajin senam laah (oke, belum mulai emang *getok diri sendiri*)

Orang juga banyak bilang, too much info will kill you. Kadang makin cari tahu kekuatiran bukannya makin kurang tapi makin nambah. Tapi aku percaya siih, gak ada masalah tanpa jalan keluar. Jadi, apapun worst case yang bakal dihadapi pasti akan selalu ada cara buat mencegahnya. Dan bersyukur banget hidup di era media sosial, dengan banyak orang baik yang bersedia 'mengumbar' kehidupan nya. Aku sih justru seneng banget sama orang-orang begini, mau berbagi. Kalo gak gimana kita bisa tau pengalaman orang yang unik dan beda? Iya gak sih? Pengalaman itu emang berharga, tapi emang ada harganya gitu kalo disimpen sendiri dan gak dibagi buat orang lain? *malah ngelantur*

Ketakutan lain adalah: cerita sahabat soal sempitnya panggul yang kata dokter gak ada jalan lain selain c-sect. Aarrggghhh....!! Itu bikin semalaman gak bisa tiduuurrrr....!! Aku mendadak gak PD sama badan yang lebih tipis dari talenan ini. Cita-cita kelahiran sealami mungkin begitu aja pupus. Padahal sekali lagi, ini belum tentu. Iya kalo beneran panggulku sempit, kalo enggak? Sempitpun kalo bayinya kecil kan bisa juga....

Dan aku bersyukur mas suami selalu menguatkan segala soal yang bikin down. Bukan lantas nyuruh aku yang tukang penasaran ini berhenti baca, hahaha. I have to trust my body and my baby. And of course I trust you honey bunny sweety hubby *cipok*

Mas suami agak malas baca soal per-pregnancy-an ini, mau gak mau aku yang kudu berbusa nerangin ini itu. Untungnya gak malas-malas banget juga, karena kalo cuma 1 chapter/artikel bagian yang ayah-ayahan itu dia masih mau bersemangat baca baca. Udah rencana juga mau ikut kelas prenatal couple. Dan mas udah setuju buat ikut, sayang jadwal kelas dengan tema yang diinginkan belum ada di klinik yang dekat rumah, kudu di Kelapa Gading. Dan mas udah ogah-ogahan kalo disuruh sabtu minggu kesana, pagi-pagi pula. BIarpun nantinya kalo yg di permata hijau gak juga dibuka kelasnya aku bakal maksa buat tetep ke Kelapa Gading, apapun yang terjadi.

Jadi sekarang, apa yang sudah aku lakukan untuk mengurangi ketakutan-ketakutan itu? Belajar. Orang bilang segala pembelajaran waktu kelas senam hamil atau teori-teori itu bakal terlupakan ketika ngerasain sakitnya? Ya perkara lain lah itu, apa kalo kayak gitu lantas bikin kita berhenti belajar karena ngerasa percuma? Aku sih gak setuju.

Karena hidup adalah pembelajaran tanpa henti.

-Half way to go, Nak.... Biarpun Ibu gak sabar pengen ketemu, tapi Ibu akan sangat bahagia kalo kamu lahir tepat waktunya. Kita belajar dan berjuang bersama ya, Nak...

0 Responses

Post a Comment