23 Weeks Pregnancy : Menyambut Ramadhan

Kontrol kali ini memang dalam rangka memantapkan hati jelang puasa. 4 minggu lalu sempat kontrol dini karena kontraksi 2 hari berturut-turut dan berujung pada spotting. Alhamdulillah, bayi cinta ini kuat dan berhati besar untuk memaafkan ibunya yang kurang hati-hati mengandungnya.

Dokter bilang, aku diperbolehkan puasa jika kondisi janin sehat dan tidak kurang berat badan. Hasilnya? Everythings perfect!

Detak jantung normal, lingkar kepala normal, berat badan? Lebih dari normal. Hahahaha. Padahal berat badan ibunya jauh dibawah normal. Dokter bilang aku diperbolehkan puasa kalo berat badan janin diatas 500gr, dan ternyata berat badan bayi cintaku 713 gr! Dari tabel dibawah ini normalnya dibawah 500 malah. Sayangnya kepala bayi cinta masih diatas, meskipun masih jauh, tapi normalnya dia kepalanya sudah dibawah. Jadilah ini PR ku, sebelum berat bayi cinta 1kg diusahakan dia sudah kepala dibawah. Mengingat luas penampang perut ibunya yang minimalis ini kali yaa....

Source : Info Bunda



Kalo kenaikan berat badan ibunya? Total 4,5kg dari awal kehamilan, 3 kg diperoleh 4 minggu terakhir. So, masih ada komplain aku hamil 5 bulan tapi masih kecil, tidak gemuk, dan tidak kelihatan buncit? Kalo kata ibu-ibu di kelas yoga sih aku harus bersyukur dengan kondisi ini. Tetap langsing dan bayinya sehat. (ukuran janin dehat memang masih dari berat badan dan ukuran kepala)

Ngomong-ngomog soal yoga, sudah 2 minggu aku ikut kelas prenatal yoga di Jakarta do Yoga. Setiap sabtu pagi. Motivasi ikut kelas ini ya dalam rangka biar lahirannya lancar aja. Apa beda dengan kelas senam hamil biasa? Sejujurnya belum tahu, cuma senam hamil biasanya dianjurkan jika sudah masuk kehamilan trimester ketiga. Dan prenatal yoga bisa diikuti dari trimester pertama.

Gerakan yoganya ringan aja, gak yang ekstrim. Bahkan untuk gerakan melintirin perut pun dilarang. Jangan tanya istilahnya apa, belom hapal dan gak ngerti. Yang pasti efeknya kerasa, udah gak pernah lagi sakit punggung. Pegal-pegal kalo kelamaan kerja sih masih. Tapi udah tau gerakan buat ngurangin sakitnya, sering dilakuin kalo pas istirahat atau di mushola kantor (kalo pas sepi).

Soal kepala bayi yg masih diatas, masih ada temennya, ibu-ibu di kelas yoga. Dan sabtu lalu dikasih tips: harus selalu kasih space di panggul, dan kalo duduk bersila, kaki jangan di cross. Ketauan deh salahnya, hobi banget duduk bersila di kursi kalo pas kerja. (jangan dibayangin, gak sopan emang, tapi biarin aja, gak ada yang liat ini, hahahahaha)

Aku bertekad gak duduk bersila dg kaki di cross lagi (apaan sih istilah yoganya kalo duduk begitu?)

Sabtu lalu, bertepatan dengan puasa hari pertama. Iya, aku puasa mulai hari sabtu, dan tetap ikut kelas yoga, dan Alhamdulillah kuat puasa full tanpa pake acara pusing dan berkunang-kunang.

Puasa ini juga bukan dalam rangka menurunkan berat badan bayi cinta, intinya nutrisi harus tetap terjaga. Dalam 2 hari memang porsi makan berkurang sedikit, terutama sahur, susah banget makan waktu sahur. Akhirnya aku dan mas suami mengakali dengan sahur secukupnya, ditambah sari kurma, teh manis dan buah, buka puasa cukup dengan kurma, es buah/minuman manis, dan buah, makan setelah tarawih. Tidak langsung makan berat setelah berbuka ternyata cukup buat isi perut yang kosong dengan buah yang agak banyak. Kalo makan nasi pasti cuma bisa masuk seiprit.

Sejauh ini puasa dilancarkan dan mudah-mudahan bisa berlanjut sampai akhir. Tarawih selalu dirumah, berdua mas suami. Romantis? Sebenernya sih karena masjid deket rumah gak ada yang provide tarawih 11 rakaat siih, hahahaha.

Oia, ada kesukaan baru dari bayi cinta, kalo dinyanyikan sholawat sama Ayahnya dia akan nendang-nendag heboh, pasti. Dinyanyikan sambil diketuk-ketuk halus. Apakah ini hasil dari ibunya yang sering sholawat sambil elus2 perut juga waktu trimester pertama? Entahlah,,

Selamat berpuasa semua...!!

*Kontrol berikutnya 4 minggu lagi, sekalian persiapan mudik ke pedalaman Riau dan silaturahim ke keluarga besar Ayahnya bayi cinta di Sumatra Barat. I'm so excited! Belom pernah sampai Sumatra Barat soalnya. I hope everythings alright...

0 Responses

Post a Comment