Pregnancy by Design

Kenapa by design? Well, karena direncanakan.


Awalnya kami memang sepakat untuk menunda punya anak, pikiran saya yah 1 tahun dulu. Ada banyak pertimbangan, yang....kayaknya gak mungkin yah dibeberin disini. 1 bulan setelah menikah udah banyak aja gitu yang nanya, udah isi belom, padahal list destinasi bulan madunya juga belom banyak yg direalisasikan. Kapan lagi kan ya jalan bebas berdua?

Gak kesemua orang juga bilang menunda, ada yang teramat sensitif terus malah diceramahin panjang kali lebar kali tinggi, kesimpulannya sama: NANTI KEBABLASAN SUSAH HAMIL. Jujur aja sempat ciut dibilang begitu. Tapi kita berdua sih positif thinking aja. Pasti dikasih. Pasti. 

Ibu malah kalo ditanya udah mau punya cucu belom malah dijawab : "Halah, paling juga dia belom pengen". Lah, kita syok juga. Padahal pas jaman kita pacaran bayi orang selalu diakui "Ini cucuku". Perasaan perempuan emang misterius banget.....

Masuk bulan kedua pernikahan udah mulai galau, gak nahan tiap lihat bayi orang yg lucu dan montok-montok. Yang mukanya bulet cuma pipi doank itu. Hiiihhh.....! Tapi masih bertahan nunda, 3 bulan lagi, sambil mulai ngebenerin pola makan dan rajiiiin banget masak tumis toge buat suami. Murah dan mudah hehehe.. Selain toge rajin juga bikin kacang hijau yang di blender.

Bulan berikutnya adalah puncak kegalauan, kebetulan juga banyak teman yang lahiran. Semakin bikin panas suasana hati. Umur juga udah nambah sebiji, kalo ditunda lebih lama lagi nanti kapan punya adeknya? Gak bagus kalo jarak lahirnya dekat kan? Alasan menunda yang ps pertama tadi? Berganti jadi: bismillah... Jika memang Allah anggap kita udah siap lahir batin buat punya anak sekarang maka inilah saatnya.

FYI, sebenernya sih suami udah kepengen banget jadi bapak, dia pengennya aku langsung hamil. Makanya pas tiba-tiba aku bilang "ayo kita bikin adek" dianya syok. Dikiranya aku salah makan. Aku cuma bilang waktu itu: "Aku udah gak pengen apa-apa lagi, aku pengen jadi ibu. Rencana jalan kita yang banyak itu bisa kita realisasikan sama anak-anak kita." Scene selanjutnya....... *sensor*

Karena dari abis nikah tanggal datang bulan selalu ditandai, dan karena jadwalnya selalu teratur, aku jadi tahu kapan saat yang tepat dan tidak. Seminggu setelah yang disensor tadi udah beli testpack 2 biji. Katanya kan ada yang bisa akurat 7 hari setelah hubungan kan? Pas di test paginya garisnya masih satu. Sedikit down, tapi masih positif thinking. Seminggu kemudian 4 hari sebelum jadwal datang bulan selanjutnya ternyata garisnya udah 2, tapi yang 1 masih samar.

Huwaa....! Kebayang gak sih hebohnya pagi itu, cengar-cengir doank kita isinya, sampe gak masak bekal makan siang. Tanya sana sini katanya kemungkinan udah hamil beneran. Disuruh cek ke dokternya setelah tanggal terlambat aja, biar jelas ada pertumbuhan janin atau gak.

Jadi, inilah jawaban kenapa aku belom telat datang bulan tapi udah berani test, karena memang udah direncanakan hehehe...

5 hari kemudian, pas hari seharusnya aku datang bulan aku cek ke dokter, dokter dan susternya juga heran kenapa kita udah periksa aja. Katanya orang periksa setelah telat 7-10 hari. Dan gak cerita kalo direncanain, kitanya cengar-cengir doank. Pas di USG belom begitu jelas, tapi udah ada tanda-tanda janin tumbuh, waktu itu ukurannya baru 6.1mm, kata dokter hampir 4 minggu.

Suami donk bengong doank pas liat layar USG dan dokternya nerangin ini itu. Dia beneran gak ngerti apa-apa. Lucu. Polos banget. Aku yang udah banyak baca masih nyambung sama penjelasan dokter.Pas mau keluar dari ruangan periksa, udah berdiri nih, suamiku masih duduk dan bingung. "Dok, jadi istri saya hamil apa enggak?" Hahahahaha. Giliran dokternya bingung. "Lah, hamil Pak, kan tadi udah keliatan yang 6mm".

Ternyata dia ngarep kayak di sinetron-sinetron gitu, disalamin dokternya dan dibilang: "Selamat ya Pak...."

Sama dokter dikasih oleh-oleh suplemen asam folat dan penguat kandungan yang harganyaaa sedikit bikin sesak napas juga. Kemungkinan karena siangnya kecapen karena acara syukuran di kantor, panas-panas dan nonton konser Naif hahaha. Tapi gak pake jingkrak-jingkrak kok nontonnya.

Malam itu suamiku bilang: kita gak boleh bilang mahal buat anak kita, dia ada rejekinya sendiri. Seperti kita yang dapat rejeki besar dengan udah dikasih kepercayaan hamil. Jangan pernah berhenti bersyukur. Jangan pernah berhenti berdoa. Sebegini mudahnya kita dapat anak adalah bukti kalo Tuhan dengar doa-doa kita.

Dan aku tidak percaya suamiku bisa berkata seperti itu, aku juga gak bisa membayangkan lelaki seperti suamiku yang slenge'an setengah mati itu jadi sosok ayah. Komen ibu? "Ibu kok gak ngebayangin anak kecil kayak kamu hamil ya Mbak?" -_______-

Semalam check up kedua. Sebulanan kemarin sejujurnya kuatir, karena memang belum kelihatan apa-apa. Rada paranoid sama cerita banyak ibu-ibu yang bulan-bulan pertama bermasalah. Mau tenang tapi mengganggu pikiran juga. 2 minggu makan gak enak banget, mual melulu, sedikit-sedikit jackpot. Untungnya gak tiap hari, makan nasi ogah-ogahan, tp kalo suruh menyantap buah-buahan udah nomer satu lahapnya.

Berat badan bukannya naik malah turun sekilo, kata dokter gpp, masih wajar, karena akunya mual-mual. Dokternya malah bilang, makin mual makin bagus kehamilannya. Tensi sedikit turun. Hiks...

But, the most amazing part last night is: HEART BEATING.
Bayiku udah kelihatan denyut jantungnya! Kepala, tangan dan kaki juga udah mulai kebentuk, gak berhenti subhanallah pokoknya semalam. Ukurannya 19.7 mm. Kebayang makhluk segede itu udah punya kepala, tangan sama kaki? Gerakannya cuma dari jantung. Suamiku gak berhenti nyengir dari semalam sampai pagi ini... Denyut jantungnya 170/menit, normal. Range normal katanya 110-180/menit.

Masih dikasih suplemen asam folat sama penguat kandungan, ditebus juga biar harganya begitu. Lagian weekend ini mau dinas luar kota. Dan udah planning liburan long weekend akhir bulan juga. Hahaha.

Strategi buat ngilangin mual sekarang rileksasi doank, dengerin nature music atau murattal quran. Dan selalu sedia cracker. Karena kalo laper dikit malah gak bisa masuk apa-apa. Ngidam? Disadari itu hanyalah nafsu belaka, masih bisa ditahan lah. Etapi satu yg gak bisa ditahan ilernya, kalo liat nanas. Yang kuning airnya banyak rasanya manis-manis asem itu, ssllllrrrppppp...... Huks,,, kepingiiiiiin banget, tapi itu justru paling gak boleh, jadi ya cuma ngeliat doank hiks.......

Pada akhirnya, terima kasih kepada semua yang mendoakan.....
Masih mengharapkan juga doa dari segenap pihak agar bayi yang saya kandung sehat dan saya makin banyak makan. Juga doa biar Nenek, Atuk, Etek :p sama om nya bayiku tetap sehat di tengah asap yang semakin pekat. Terima kasih....

0 Responses

Post a Comment