(Try to be) Real Javanese woman

Hari ini unik sekali,
Berangkat ke kantor pake kebaya warisan mbah ayi, dipadukan dengan celana dan wedges 3cm serta kerudung senada, membuat kemeja jadul milik saya tidak terkesan jadul, yaahhh mode selalu berputar memang.

Melewati gang kecil menuju kantor, saya bertemu seorang nenek yang sedang berjemur, menyapa saya dengan ramahnya (gak seperti ibu-ibu dan anak-anak mudanya kalo gak dicuekin ya disuit-suitin) kata beliau "berangkat kerja neng?" dan tanpa tedeng aling-aling saya menjawab "Inggih mbah..."

Oh My GOD!!!!
Saya malu dan mati-matian nahan ketawa (saya menertawai diri saya sendiri) sebegitu parahkah kemampuan saya beradaptasi disini? sampai-sampai tidak bisa meilah-milah cara berkomunikasi yang baik di tiap daerah. Payaaahhhh.....!!!


Di satu sisi, saya senang karena saya masih benar-benar membawa adat budaya ditempat dimana saya dibesarkan. Dan wel, sampai sekarang saya masih belum bisa, atau memang saya tidak mau mencoba, berkomunikasi ala anak-anak disini, pake elo-gue....

Dan sekarang, sama setiap teman saya, baik chatting, sms atau ngobrol, yg sama2 orang jawa saya total komunikasi pake bahasa jawa, biasanya kan gado-gado. Lidah saya gimana gitu kalo lama gak ngomong jawa, si mas kan gak bisa, dia bisanya cuma umpatan -___-

Dan 1 lagi, saya sedang ingin tau banyak tentang wayang,,kalo ini semacam rasa hormat sama budaya leluhur sih, soalnya saya malu pas ditanya soal samurai saya bisa cerita panjaaannngggg, giliran ditanya cerita togog-mbilung pun saya gak tau, kan maluuu....

I'm proud being javenese (kalimat ini kalo ditranslate ke krama inggil apaan yaa?) aduuuhhh :)

1 Response
  1. Anonymous Says:

    Kirain Japanese? gak taunya Javenese. Bukannya JAVAnese?
    afretnobel.blogspot.com


Post a Comment